
Masa depan manusia dan mesin
Pada
tahun 2020 istilah ‘antarmuka’ (interface) dan ‘pengguna’ (user) akan
hilang di saat komputer akan bergabung lebih erat dengan manusia. Ini
adalah salah satu perkiraan yang disebut dalam laporan yang disusun
dengan bantuan Microsoft berdasarkan pembahasan 45 akademisi dari
berbagai bidang ilmu komputer, sosial, sosiologi dan psikologi.
Laporan
tersebut memperkirakan perubahan mendasar dalam bidang yang disebut
Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction atau HCI).
Maka
ditahun 2020 kegiatan manusia akan semakin menyatu dengan mesin, kata
laporan itu. Komputer akan dapat mengantisipasi apa yang diinginkan
manusia, yang akan membutuhkan panduan baru untuk mengatur hubungan
manusia dengan mesin.
Salah
satu rekomendasi bagi arah Interaksi Manusia dan Komputer
(Human-Computer Interaction) di masa depan, laporan itu mengusulkan
dibutuhkan keterlibatan lebih besar dengan pemerintah dan para pembuat
kebijakan.
Sejak adanya temuan-temuan
yang dilakukan oleh para peneliti HCI tentang fungsionalitas sistem,
yakni “apa yang diketahui oleh pemakai tentang sistem perangkat lunak
komputer” dan usability sistem, yakni “apa yang harus dilakukan oleh
pemakaiterhadap sistem ” mendorong perkembangan riset dalam HCI
tersebut.
Riset yang dilakukan pada
akhir-akhir ini mulai berfokus kepada jenis-jenispengetahuan pemakai
ketika ia menggunakan sistem komputer. Konsep model mental terhadap
sistem adalah topik utamanya. Studi representasi pengetahuan yang
berbasis komputer ini menghasilkan keuntungan-keuntungan antara lain
studi ini bisa menggali basis perilaku teoritis, seperti perilaku
khusus pemakai terhadap tugasnya. Studi jenis ini juga berkaitan dengan
representasi mental.
Dengan
demikian terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanya pada
keindahan tampilannya saja atau hanya tertuju pada tampilan
antarmukanya saja, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek pamakai,
implementasi sistem rancangannya dan fenomena lingkungannya, dan
lainnya. Misalnya, rancangan sistem itu harus memperhatikan kenyamanan
pemakai, kemudahan dalam pemakaian, mudah untuk dipelajari dlsb.
Tujuan
dari HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan
aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik.
Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan
(safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas
(efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud
konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi
juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan
organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga.
Sedangkan
utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem
tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.
Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sstem yang dibuat
tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu
ataupun kelompok.
Perpustakaan digital
Terkoneksi
secara total bisa menjadi tidak berarti jika semua yang didapatkan
oleh Wikimuers di internet adalah foto-foto panas artis Ayu Azhari.
Tetapi digitalisasi semua pekerjaan manusia yang terakumulasi sudah
diproses dengan cepat sekarang ini. Semua jalur MIT sekarang sudah
online dan jika anda belum pernah melakukannya, lakukan cek di Google
Book Search.
Akan
tiba suatu masa bagi kita ketika setiap pertanyaan yang faktual akan
dapat langsung dijawab dengan segera, secara online. Tetapi sayangnya,
pertanyaan-pertanyaan anda di internet biasanya selalu yang
gampang-gampang saja, jadi tidak sebanding dengan kecanggihannya.
Alat cetak desktop 3 dimensi
Daripada
Anda harus ke toko untuk membeli perkakas yang dibutuhkan, lebih baik
Anda men-download sebuah rancangan perkakas pilihan kita lalu
mewujudkannya di dalam sebuah alat cetak desktop 3 dimensi. Langkah
selanjutnya adalah anda mendisain sendiri perkakas-perkakas, mempost
ing
desain-desain tersebut, menjualnya dan seterusnya. Usaha rumah tangga
dalam bidang pembuatan mainan anak-anak, peralatan dapur, dan barang
kerajinan penghias rumah, yang sering dianggap remeh, sekarang akan
menjadi raja!
Pengembangan secara luas internet nirkabel
Internet Nirkabel WiMAX
Internet Nirkabel 3G
WiMAX (Worldwide
Interoperability for Microwave Access=Jaringan mendunia dengan
kemampuan bertukar informasi secara cepat dan baik dengan akses
gelombang mikro ), 3G (3 rd Generation), 4G (4 th
Generation) dll., adalah teknologi yang mengacu pada suatu sistem
internet nirkabel yang menyebar, semua menjadi terhubung secara online
ke mana-mana, sepanjang waktu, dan berkesinambungan. Hal tersebut
menyiratkan kemungkinan adanya hubungan atau koneksi secara penuh
antara dua alat secara acak. Anda ingin memeriksa atau mematikan alarm
di pintu rumah dari telepon genggam? Itu akan menjadi gampang. Lebih
mudah dari pada melepaskan colokannya secara konvesional.
0 komentar:
Posting Komentar